Solusiku Atasi Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes

by - July 02, 2019

Sebagai blogger yang selalu berhubungan dengan layar komputer, pastinya mengalami tuh yang namanya mata lelah, kering dan berair. Apalagi yang udah dikejar deadline dan cepet-cepet bikin konten. Oh NO! Belum lagi kerjaan di kantor yang mengharuskan mengetik, entah membuat proposal, membuat laporan. Pokoknya mata menjadi cepat sekali lelah. Taukah kalian, jika mata kering jika dibiarkan akan menjadi pemicu penyakit mata yang fatal? Beberapa waktu kemarin aku mengalami yang namanya gejala mata kering. Bukan beberapa waktu sebenarnya tapi memang sepertinya mata kering itu tidak akan hilang, jadi dia perlu perawatan. Kebetulan aku mengikuti pemeriksaaan mata kering yang dilakukan di rumah sakit tempatku bekerja. Jadi saat itu aku langsung tau kondisi mataku yang sebenarnya. Tapi untuk pemeriksaan ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit ya. Jika kalian masih ragu apakah mata kalian tergolong kering atau tidak, aku akan menjelaskannya sedikit ya..

Sumber : Google

Mata Kering (Keratoconjunctivitis sicca)

Apa sih dry eye atau mata kering??

Mata kering merupakan suatu keadaan dimana mata tidak mendapatkan pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata merasa tidak nyaman, seperti nyeri, mata sepet, mengganjal, dan mudah iritasi. Saat kelenjar air mata tidak bisa memproduksi air mata dengan cukup, maka permukaan luar mata yang berperan untuk meneruskan cahaya ke dalam mata juga dapat terganggu. Maka dari itu mata kering dapat disertai dengan peradangan kornea dan hiperosmolaritas air mata. Mata kering lebih dominan terjadi pada wanita daripada pria, lebih meningkat pada usia lanjut.

Penyebab Mata Kering

  1. Penguapan air mata yang berlebihan. Biasanya disebabkan oleh kondisi dimana kelopak mata yang jarang berkedip. Misalnya terlalu fokus saat menonton tv, melihat layar komputer atau gadget.
  2. Penurunan produksi air mata
  3. Komposisi air mata yang tidak seimbang
  4. Usia di atas 50 tahun, khususnya wanita pasca menopause
  5. Faktor lingkungan (debu, lingkungan, asap rokok)
  6. Pemakaian lensa kontak
  7. Aktivitas menggunakan layar komputer, gadget yang terlalu lama
  8. Riwayat operasi mata atau obat lain yang memicu dry eye
  9. Pola makan dengan kandungan vitamin A yang rendah

Gejala Mata Kering

Sumber : http://insto.co.id/

Gejala yang biasa terjadi saat mata kering adalah :
- Mata merah
- Mata perih
- Mata terasa panas
- Mata seperti berpasir (mata sepet)
- Mata berair
- Sensitif terhadap sinar matahari
- Penglihatan buram
- Sulit membuka mata saat bangun tidur, karena kelopak mata menempel
- Terdapat lendir di dalam atau sekitar mata
- Kesulitan memakai lensa kontak atau berkendara di malam hari (tidak fokus)
- Mata lelah dan cepat pegal (mata pegel)

Banyak banget ya penyebab mata kering. Jujur aja nih aku paling sebel kalau mataku kering, beberapa gejala yang tidak nyaman yang sering aku alami yaitu mata sepet, pegel, perih seperti berpasir. Padahal di mataku tidak ada apa-apanya bahkan bulu matapun tidak ada. Saat mata pegel yang aku rasakan seperti otot-otot sekitar mataku termasuk kelopak mata terasa berat. Mungkin kalau dia bisa peregangan sendiri jadi hilang pegelnya haha. Lalu saat terasa mata perih, wuih perihnya ngga bisa ketolong. Bayangkan seperti terkena asap atau cairan yang pedas gitu.

Kenapa akhirnya aku tau dan yakin aku menderita mata kering? Nah cerita sedikit ya.. Sebelumnya aku ga pernah lepas dari gadget dan layar komputer. Aku mulai blogging dan ketagihan menulis, foto, edit foto dan parahnya malam hari aku masih betah liat handphone. Aku tau itu ngga baik, tapi ya aku juga perlu cari bahan dan saat itu waktu bebasku. Aku menggunakan kacamata sejak SMP tapi pemicunya bukan karena handphone. Kalau kalian pengguna kacamata atau softlens pasti rentan banget yang namanya mata kering. Hati-hati ya guys, banyak banget bahayanya jika mata kita dibiarkan kering loh. Apa aja sih bahayanya??

Jika dibiarkan mata kering akan mengakibatkan infeksi mata, kerusakan permukaan mata, konjungtivitis, kerusakan kornea, gangguan penglihatan bahkan sampai kebutaan. Kebetulan aku aware banget kan sama kondisi tubuh. Nah akhirnya aku bertanya dengan dokter mataku. Setelah diperiksa beliau bilang mataku kering, jadi perlu menggunakan tetes mata untuk melembabkan mata agar tidak iritasi. Kebetulan juga saat di RS tempatku bekerja ada pemeriksaan mata kering gratis dari residen spesialis mata gitu. Test ini namanya Schirmer's Test, dimana test ini untuk mengukur volume air mata pasien. Dokter akan mengukur tingkat kekeringan pada mata dengan menempelkan potongan kertas khusus. yang dapat menyerap cairan kelopak mata bagian bawah selama 5 menit. Setelah itu, dokter memberikan tetes mata fluorescein, untuk mengetahui seberapa cepat mata menjadi kering. Fluorescein adalah tetes mata pewarna khusus, biasanya digunakan saat dokter ingin melihat bagian mata yang lebih dalam dengan alat slit lamp. Setelahnya diberikan tetes mata untuk membilas dan berfungsi juga membersihkan kotoran di mata kita.

Sumber : Google

Pemeriksaan itu tidak terlalu lama. Tapi saat ditempelkan kertas itu lumayan perih juga ya, lebih tepatnya seperti tergores. Saat itu kadar keringnya mataku tidak terlalu tinggi ya. Jadi tetap perlu juga menggunakan tetes mata sebagai pelumas atau pengganti air mata. Beberapa minggu ini aku mencoba menggunakan Insto Dry Eyes sebagai penyelamat mata kering. Aku membelinya di salah satu apotik dan disana lengkap banget deh.Harganya juga masih terjangkau, yaitu 15 ribu aja. Untuk jaga-jaga aku membeli 2.

Video pemeriksaan klik disini ya.


Insto Dry Eyes, adalah cairan khusus sebagai pengganti air mata. Indikasinya mengatasi kekeringan pada mata dan sebagai pelumas mata. Kandungan zat aktifnya yaitu Hidroxyprophylmethyl selulose 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.1 mg yang mengatasi kekeringan pada mata. Aturan pakainya sendiri cukup teteskan 1-2 tetes pada mata yang kering setiap 3 kali sehari. Oya jangan gunakan dalam jangka waktu yang lama ya.

Pengalamanku Saat Mata Kering

Mata itu beneran ya sensitif banget. Jadi seberapapun dan sekecil apapun benda yang masuk akan terasa sakit. Meskipun itu air atau udara ya. Nah untuk kasus mata kering ini beneran ngga nyaman, rasanya ngeres, perih, gatal dan cepat lelah. Pengennya ngucek mata tapi itu beneran ngga baik guys. Karena efeknya ke kornea mata kita. Jika sering dikucek maka kornea akan berubah bentuk dan akan merembet ke masalah mata yang lebih serius. Mending kalau kalian mengalami mata kering cepet-cepet deh pakai tetes mata.


Andalanku, Insto Dry Eyes. Yapp,, sekarang saat mataku butuh yang segar gitu aku langsung tetes Insto Dry Eyes. Rasanya tuh seger banget dan berasa mint gitu ,mata jadi dingin. Aku sarankan kalian harus membawa tetes mata ini kemanapun kalian pergi. Misalnya saat dijalan terkena debu, angin yang menyebabkan mata sakit kalian bisa langsung tetes. Atau saat bekerja melihat layar laptop, kalian bisa istirahat sejenak sambil menetes mata dengan Insto Dry Eyes. 

Merawat Mata yang Terlanjur Kering

Beberapa tips dari aku untuk kalian yang ingin  merawat mata yang terlanjur kering sebagai penanganan awal, yaitu :
- Menggunakan obat tetes mata sebagai pengganti air mata



Obat tetes mata yang dimaksud adalah tetes air mata buatan untuk mata kering ringan. Hindari tetes mata yang mengandung pengawet. Ukuran kecil tapi mungkin agak mahal tidak masalah daripada kita membeli yang berukuran besar tapi tersisa banyak. Jadi sekarang sudah ada tetes mata yang kemasan kecil atau strip.
- Menggunakan kacamata
Penting sekali ya untuk kalian yang beraktivitas di luar ruangan, terutama saat siang hari. Kacamata hitam atau kacamata biasa yang tidak ada minusnya juga bisa digunakan sebagai perlindungan mata.
- Istirahat sejenak dari gadget
Pastinya kalau urusan gadget ngga bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Ada baiknya jika kita istirahat 10-15 menit dari sinar handphone, komputer, atau televisi.
- Minum air yang cukup dan makan makanan bergizi
Minum banyak air putih akan mencukupi kadar air pada tubuh termasuk lapisan mata kita. Sedangkan makanan bergizi baik untuk mata yang mengandung Omega 3 dan Vitamin A.
- Jangan sering mengucek mata
Mengucek mata akan menyebabkan mata iritasi dan komplikasi penyakit mata. Jadi lebih baik berkedip lebih sering untuk mata yang terasa gatal atau perih. 



BYE MATA KERING!

BUKA MATA BUKA INSTO



You May Also Like

1 comments

  1. Aku juga pakai ini nih. Cocok banget buat mataku yang sering kering.

    ReplyDelete

Hai,, komentar yang masuk tidak di filter kok. Harap komentar tanpa menyinggung SARA ya. komentar promosi akan dihapus. thanksss

INSTAGRAM