In Asian Para Games 2018

Mengenal Asian Para Games 2018 dan Salah Satu Atlet Disabilitas

Setelah kemarin kita membahas atlet yang aku dukung dalam Asian Games 2018 dan tentu saja kalian sudah tahu kalau aku mendukung atlet bulu tangkis yaitu Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad. Bagiku mereka keren sekali ya dalam bertanding. Aku berharap mereka bisa membawa nama baik Indonesia lagi dalam Asian Games kali ini.


Ternyata selain Asian Games, terdapat juga pertandingan olahraga dunia yang tidak kalah menarik perhatian yaitu Asian Para Games. Mungkin dari kalian ada yang belum tahu tentang event ini mari aku jelaskan sedikit ya.


Asian Para Games (APG) adalah acara multi olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali setelah Asian Games untuk atlet yang menderita berbagai disabilitas. Asian Para Games 2018 adalah event ketiga setelah sebelumnya pada tahun 2010 diadakan di Guangzhou Tiongkok dan pada tahun 2014 di Incheon Korea Selatan. Nah sekarang akan diadakan di Jakarta pada tanggal 6 - 13 Oktober 2018 mendatang.

Terkadang kita  mengabaikan kemampuan dari mereka yang menderita disabilitas. Tetapi kalian jangan salah menilainya karena dibalik kekurangan tersebut mereka memiliki banyak sekali kelebihan. Misalnya saja yang umum kita lihat adalah tuna netra yang ahli memijat. Jika mereka diltih dengan baik dan benar maka tidak ada yang tidak mungkin. Dengan adanya Asian Para Games ini berarti pemerintah dunia sudah sangat peduli dengan kaum difabel atau disabilitas. Aku sangat bangga dengan adanya event ini karena dengan mengikuti Asian Para Games mereka mampu menyalurkan bakat dan hobinya. Selain itu dengan tekad yang kuat mereka ingin sekali membuat negaranya bangga. Apakah kalian akan berfikir sampai kearah tersebut? Pastinya belum tentu kan .


Tentunya kalian akan bertanya-tanya apa makna dibalik logo dan slogan dari Asian Para Games 2018. Ternyata makna logo menyesuaikan dengan tag line Asian Para Games 2018 yakni "Inspiring Spirit and Energy of Asia". Artinya semangat yang menggelora dengan sdbuah pergerakan memberikan energi positif kepada semua sehingga menjadi inspirasi bagi umat manusia.

Dikutip dari indosport.com, Logonya dibuat dinamis agar memberikan motivasi kepada semua pihak untuk lebih terbuka melihat dissbilitas dalam perspektif yang lebih luas. Logo ini menggambarkan kursi roda, tapi dibuat lebih dinamis dari garisnya sehingga tidak kelihatan kaku.

Kebetulan sekali untuk Asian Para Games 2018 diadakan di Jakarta dimana sekaligus menjadi tuan rumah untuk Asian Games 2018. Jadi Indonesia mengemban tanggung jawab yang besar untuk menyukseskan event terbesar ini. Semoga kedua event berjalan dengan baik dan semestinya dan juga untuk seluruh peserta, masyarakat dan pemerintah diharapkan mampu bekerja sama dengan baik.


Jadi siapa nih atlet Asian Para Games 2018 favorite kalian? 



Setelah aku googling karena aku sejujurnya ngga tahu siapa saja yang akan bertanding, aku sangat terkesan dengan kemampuan dari Ni Nengah Widiasih. Beliau adalah atlet powerlifting Indonesia yang memiliki disabilitas pada bagian kedua kakinya. Memiliki saudara yang sesama atlet angkat besi tidak membuat wanita ini lemah tapi justru ingin bangkit. Atlet yang berusia 28 tahun ini pernah berkompetisi di Paralimpiade Musim Panas 2012 dan 2016. Pada tahun 2008 beliau memenangkan medali perunggu di Para Games Asean (Nakhon Ratchasima), tahun 2009 memperoleh medali perak di Olimpiade (Kuala Lumpur). Beliau berkompetisi pada kelas 40 kilogram. Pada bulan Februari 2012 beliau memenangkan medali perunggu di Malaysia Open Powerlifting Championship.

Kenapa aku sangat terkesan dengan atlet yang satu ini? Karena sebagai perempuan yang menderita disabilitas beliau mampu membuktikan kepada dunia bahwa kekurangan tidak menjadi halangan untuk mencapai cita-cita. Asalkan semangat, ketekunan dan rajin berlatih maka kitapun akan sukses seperti beliau.


Website Resmi Asian Para Games 2018
https://asianparagames2018.id/

Website Resmi Asian Games 2018
https://asiangames2018.id


Related Articles

0 comments:

Post a Comment

INSTAGRAM