In Atomcarbonblogger Beautypost DIY Masker kbbv

Resep DIY Masker Untuk Semua Tipe Kulit. Mau Cobain?

Siapa yang tiap hari maskeran?? Wahh,, pasti udah pada kinclong mukanya. Ya dong, apalagi pakai masker sesuai dengan kondisi kulit. Oya beberapa bulan terakhir aku suka banget pakai sheet mask. Pastinya dari brand Korea sana. Kalau untuk yang lokal aku udah cobain punya Garnier. Efeknya bikin kulit adem, halus, lembab dan secara ngga langsung bikin cerah. Aku suka karena praktis aja. Tapi, ngga mungkin kan selamanya kita beli dan stok sheet mask? Secara mihilnya itu lho ngga sesuai kantong emak-emak. Sekali pakai buang dan kadang kasian aja gitu yee. Hehe..

Sebelum aku bebas dari jerawat dan masalah kulit saat aku SMA dan Kuliah, aku pakai masker buatan sendiri kok. Kalian patut coba apalagi yang punya masalah kulit sensitif dan berjerawat gitu. Asal bersih dan bener komposisinya pasti cocok. Nah, kalian bisa mix and match antara menggunakan DIY Masker dan Sheet mask itu sendiri. Kadang sampai sekarang kalau ada bahan di rumah aku juga suka bikin kok.

Kebetulan banget mau share tentang masker ehh teman-teman Komunitas Beauty/Vlogger lagi mengadakan kolaborasi tentang DIY Masker. Dan yaps postingan ini dibuat bersama teman-teman beauty blogger yang merupakan bagian dari Beauty Post Collaboration yang diselenggarakan oleh Komunitas Beauty Blogger & Vlogger (KBBV) .


Nah, sebelumnya aku mau kasih informasi untuk kalian mengenai kelebihan dan kekurangan DIY Masker itu sendiri.

Kelebihan DIY Masker

  • Alami. Karena bahan-bahan yang digunakan seperti buah, sayuran, madu, ngga mengandung bahan kimia, pengawet seperti yang dijual di pasaran.
  • Terpercaya. Kita bisa memilih sendiri bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit. Ngga ragu lagi, misalnya ini beneran terbuat dari lemon, pisang atau hanya ekstraknya saja. 
  • Tanpa efek samping. Beberapa kandungan masker yang tidak cocok di kulit dapat menjadi efek samping yang secara ngga sadar dapat memperburuk kulit kita. 
  • Tidak menyebabkan ketergantungan. Beberapa dari kita pasti kan ada yang cocok-cocokan dalam memilih skincare. Pernah ga sih kalian lepas atau ganti skin care sebelumnya, tapi malah membuat kulit berjerawat atau rusak? Dan bila kembali ke skin care tersebut kulit normal kembali. 
  • Hemat. Bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di dapur atau di sekitar tempat tinggal. Kali aja pisang tetangga udah mateng bisa ditagih deh tuh. Kalau dibuat menyerupai bubuk, juga oke tuh. 
  • Menambah ide kreatifitas. Secara ngga sadar kita mengeksplore pengetahuan dalam meracik bahan skin care. Mix beberapa bahan alami dan menemukan solusi masalah kulit tentu menyenangkan bukan?
  • Membantu orang lain. Terakhir keuntungannya adalah membantu orang lain dalam mencoba membuat masker sendiri. Yaa, seneng aja kan kalau mereka ternyata cocok dengan racikan kita? Hehe
Kekurangan DIY Masker

  • Ribet. Pasti dong kalau membuat sendiri menyita waktu, tenaga, pikiran. Belom urusan kerjaan, sekolah, rumah. 
  • Tidak hygienis. Aku akui kalau membuat masker dari beberapa bahan yang kita bikin sendiri tanpa menggunakan peralatan canggih dan metode laboratorium itu kurang bersih. 
Nah, sekarang tergantung kalian mau coba yang mana. Apakah yang sudah ada atau membuat sendiri di rumah. Dan satu lagi, bahan masker untuk semua tipe kulit pasti ada yang ngga cocok di kulit kalian.  Saranku cobain dulu sedikit di area yang paling sensitif di kulit kalian. Kalau tidak ada reaksi apapun berarti maskernya cocok.

Beberapa resep DIY Masker alami untuk semua tipe kulit yang bisa dibuat di rumah sesuai pengalamanku tentunya yang sering aku pakai adalah :

Masker Bengkuang
Bengkuang dipercaya untuk memutihkan kulit dan mengurangi noda hitam pada wajah. Maka dari itu banyak brand yang membuat masker dengan bahan dasar bengkuang.

Kandungan dari bengkuang adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin E yang berfungsi untuk membantu noda hitam bekas jerawat, mencerahkan dan memutihkan wajah serta mengurangi keriput.
Semua tipe kulit bisa menggunakan masker ini.

Cara membuatnya sangat mudah, kalian perlu menyiapkan bahan-bahan :
- Bengkuang yang sudah dibagi 2, kupas kulitnya dan cuci bersih.
- Parutan
- Wadah masker

Cara pakainya :
- Parut setengah bagian bengkuang.
- Peras parutan bengkuang dan hanya meninggalkan airnya saja.
- Diamkan selama 1-2 jam hingga terdapat bagian yang mengendap.
- Sisihkan bagian yang mengendap untuk dijadikan masker.
- Oleskan masker pada wajah yang bersih.
- Tunggu hingga kering sekitar 15-20 menit.
- Bilas dengan air bersih.

Masker ini boleh dipakai 2 kali seminggu.
Hasil dari masker ini kulitku terasa halus dan segar banget. Oya, kalau mau air hasil perasan itu bisa kalian jadikan toner setelah menggunakan masker loh.

Masker Tomat
Tomat adalah bahan makanan sehari-hari kita. Bisa dimasak dengan sayuran, dijadikan salad, dan dimakan langsung seperti buah lainnya. Ternyata tomat juga bisa dipakai masker loh. Kandungan dalam tomat ini adalah zat Lycopene untuk menghambat penuaan dini dan membantu meregenerasi sel-sel tubuh. Vitamin A dan C yang mencegah timbulnya jerawat, mengobati kulit meradang akibat jerawat dan mengecilkan pori-pori.


Cara membuatnya sangat mudah, kalian hanya perlu bahan-bahan :
- 1 buah tomat matang
- Sendok atau garpu untuk menghancurkan buah.
- Wadah masker.

Cara pakai :
- Hancurkan tomat pada wadah menggunakan sendok atau garpu.
- Baurkan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit
- Bilas dengan air bersih.

Nah, perlu diperhatikan jika awal menggunakan tomat pada wajah akan terasa sedikit perih karena tomat tinggi vitamin C yang menyebabkan rasa asam. Masker tomat cocok digunakan bagi kalian yang berjerawat, menghilangkan noda jerawat dan mencerahkan wajah.

Masker Pepaya
Buah pepaya memiliki banyak kandungan yang penting bagi tubuh. Diantaranya vitamin A untuk menghilangkan noda-noda hitam pada kulit dan menghaluskan kulit, vitamin C meningkatkan elastisitas kulit, enzim papainnya membantu untuk mencerahkan dan memutihkan wajah. Bagus banget buat kalian yang kulitnya kusam, setelah beraktivitas di luar ruangan. Semua tipe kulit bisa pakai masker pepaya ini.

Cara membuatnya gampang banget. Karena alami jumlahnya bebas ya suka-suka kalian. Kalian hanya perlu :
- Buah Pepaya matang (dingin lebih baik)
- Sendok
- Tempat masker (aku pakai piring)

Caranya:
Pepaya dikerok atau diblender juga bisa. Tapi aku lebih suka dikerok lebih berserat ga cair gitu. Lalu baurkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Boleh pakai masker ini 2 hingga 3 kali seminggu.

Masker ini bisa ditambah dengan madu dan lemon juga loh. Manfaatnya jadi lebih banyak pastinya. Aku suka pakai masker ini karena buah pepaya gampang dicari dan aku setiap hari makan pepaya. Hasil dari masker ini, kulit jadi terasa kencang dan cerah.

Masker Oatmeal
Oat dipercaya sebagai makanan alami untuk diet karena dapat mengurangi kolesterol. Bagaimana jika untuk wajah? Nah, kandungan oat itu sendiri adalah serat, omega 3, glukogen yang dapat menghaluskan kulit. Mengandung anti bakteria untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan anti oksidan untuk mencegah kerusakan kulit.


Oat bisa dicampur susu cair, madu ataupun lemon untuk dijadikan masker. Tapi kali ini aku hanya pakai oatnya saja untuk masker sehari-hari.

Bahan:
- Oatmeal 2 sendok makan (aku pakai Quaker warna bebas. Sebenarnya takaran juga bebas kok)
- Air hangat
- Wadah masker.

Cara membuatnya :
- Pada wadah masker yang sudah berisi oat, tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga berbentuk bubur oat.
- Baurkan masker pada wajah, tunggu 15-20 menit atau hingga mengering.
- Bilas dengan air hangat.

Masker oat aman digunakan pada kulitnya yang berminyak dan berjerawat karena dapat menyerap minyak berlebih. Kalau kalian yang kulitnya kering aku sarankan untuk di tes dulu. Atau bisa juga ditambah madu, manfaatnya jadi menghaluskan kulit.
Aku biasa pakai masker ini 2 kali seminggu. Hasilnya wajah bersih dan keset tapi tidak kering kok.

Selain dari bahan alami kalian juga bisa membuat sheet mask sendiri. Beberapa dari kalian pasti sering menggunakan tonner kan? Toner juga bisa dipakai untuk masker lho. Sekarang sudah ada dijual sheet mask yang masih kering gitu. Kalian tinggal campur tonner yang kalian suka dan tempel pada wajah. Aku lagi suka dengan Hatomugi Skin Conditioner tonner yang multifungsi. Kalian bisa baca review dan cara menggunakannya diengan klik judul di bawah ini.
Baca: Review Hatomugi Skin Conditioner

Sekian dulu postingan ini sampai ketemu di postinganku selanjutnya. Dan kalau kalian punya rekomendasi masker yang bagus, please tulis di komentar ya. Oh ya, aku juga punya rekomendasi DIY masker versi Kak Icha di DIY Masker Alami. Cek di blognya yaa. 

Related Articles

14 comments:

  1. Aku baru tau resep masker pepaya, thanks tipsnya 😁

    ReplyDelete
  2. Wahh, pepaya cuma digituin doang? Bisa lah dicoba, daripada dimakan mulu hahaha 😂

    runachoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa cuma dikerok doang.ampuh buat yg mau seger2 pas maskeran. Hihi

      Delete
  3. Tomatoo resep paling ampuh untukk jeriwii akuuu lovv bangett

    www.beautywithlitarianti.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya lita? Emg agak cekit2 pas pke tomat yaa. Heheh

      Delete
  4. wah aku cobain ah, makasih ya teh info masker alaminya

    ReplyDelete
  5. Gak suka makan pepaya, tp bisa bangedd yaa buat maskerann.. hihihii

    ReplyDelete
  6. Wahhh aku belum pernah nyobain loh maskeran sama pepaya, wahh mau ah coba

    ReplyDelete
  7. Wahahah iya betul. Bikin masker sendiri emang ribet, tapi kita kan jadi lebih tau komposisi masker alami yang dipake hihi

    ReplyDelete
  8. Bner banget. Di mix sama yang instant deh ya hehe

    ReplyDelete

INSTAGRAM