Ngopi Cantik #4 Belajar Menulis Blog yang Baik dengan PUEBI

by - January 18, 2018

Haii,, udah lama rasanya ngga update tentang Ngopi Cantik Beautiesquad ya. Masih inget ga sih?? Yang baru mampir ke blogku dan belum tau Ngopi Cantik ala Blogger Beautiesquad, cek aja di postingan sebelumnya. Atau cek postinganku pada Anniversary Beautiesquad yang pertama.


Okay ngga kerasa udah 4 jaman aja NgopCan nya. Jadi tema kali ini adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) bagi Beauty Blogger. Selain cantik di wajah ya kali kalau nulis kan harus cantik tulisannya, enak dibaca, gampang dimengerti dan bisa menginspirasi semua orang. Ih, kayak anak SD aja belajar Bahasa Indonesia lagi! Kadang yang begini nih agak kurang mengerti apa bagaimana ya?


Pembicara kali ini adalah kak Langit Amaravati dari wisatakata.id. Beliau baik banget mau bagi ilmu tentang PUEBI dan kakak ini pernah menang blog competition yang salah satu kriterianya adalah sesuai PUEBI. Jadi, langsung aja yuk kita ke materi bahasan.

EJAAN
Merupakan kaidah penggunaan Bahasa Indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk pada dua "kitab suci" yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016.

GAYA BERTUTUR
Merupakan gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita dan sebagainya. Seni cara menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut.

Contoh :
Blogger "A" menyebut dirinya Saya dan pembacanya dengan panggilan Anda.
Blogger "B" menyebut dirinya Aku dan pembacanya dengan panggilan Kamu.

Tata Bahasa sangat penting bagi blogger karena blogger adalah penulis. Penulis harus peduli dengan teknis penulisan. Gimana menurut kalian?? Jika sebuah artikel arahnya tidak tentu atau kata-katanya disingkat-singkat gitu. Pasti bingung banget ya bacanya. Hehe

PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR

1. Kredibilitas dari seorang blogger
Kaitannya dengan personal branding si blogger.

2. Page Rank
Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Diantaranya ejaan atau tata bahasa dan minim typo.

3. SEO
Bila terdapat artikel dengan bahasan yang sama, tapi keyword dan meta descriptionnya salah maka akan diprioritaskan untuk tampil dalam hasil pencarian yang tata bahasanya yang benar.


4. Pembaca
Dilihat dari sisi pembaca, apalagi pembacanya paham ejaan, membaca artikel yang serampangan akan membuat malas untuk dibaca.

5. Monetisasi
Brand tidak akan mau bekerjasama bila tulisan kita berantakan. Jelas alurnya, tata bahasa yang baik adalah kunci membangun hubungan yang baik.

6. Lomba Blog
Salah satu kriteria dari lomba blog adaah tata bahasa yang baik.

CARA BELAJAR TATA BAHASA
Bagi kalian yang masih awam dengan dunia tulis menulis, salah satunya terus belajar sampai tulisan kalian benar dan mendapat feedback yang baik oleh pembaca. Alternatif yang sangat disarankan adalah mengunduh atau membeli buku PUEBI (tidak sampai 100.000 rupiah). Dan tolong DIBACA! Hohoo..


Jika menemukan kata dengan ejaan yang meragukan, kalian bisa cek di KBBI daring. Membiasakan diri untuk menulis dengan tata bahasa yang benar di media sosial bisa digunakan sebagai latihan.
Bagi seorang beauty blogger yang sering mereview sponsored review cocok banget diterapkan penulisan konten yang baik dan benar. Jika konten atau artikelnya berantakan hanya karena mengandalkan sponsored review, bisa jadi bumerang bagi dirinya sendiri. Kenapa???
Karena setiap saat datang blogger baru. Bila kualitas konten bagus akan semakin diminati Brand. Jadi pertahankan dan meningkatkan kualitas menulis itu penting.

Tips buat kalian yang kalau menyusun kata agak susah saat ngedraft blognya maka boleh dicoba dengan teknik free writing yaitu dengan menulis apapun yang ada dalam pikiran kita tanpa perlu memikirkan ejaan. Yang penting ditulis dulu. Setelah itu bacakan dengan keras lalu edit kata-kata yang perlu diperbaiki. Rajinlah membaca buku berbagai genre. Karena akan menambah pembendaharaan kosakata kita.

Nah, gimana nih bahasan kali ini? Sangat menarik kan? Jadi menulis itu perlu teknik agar pembaca betah membaca tulisan kita. Pernah ga sih kita baca artikel tapi merasa tidak puas dengan isinya kurang menarik? Mungkin langsung di close kali ya. Hehe

Okay sekian postinganku kali ini. Ditunggu postingan selanjutnya ya. 

You May Also Like

0 comments

Hai,, komentar yang masuk tidak di filter kok. Harap komentar tanpa menyinggung SARA ya. komentar promosi akan dihapus. thanksss

INSTAGRAM