In Beautisquad Blogger Ngopi Cantik SEO

NgopiCantik Beautiesquad Belajar SEO For Blogging

Hai,, hari ini aku mau sharing ke kalian tentang salah satu ilmu blogging yaitu SEO for Blogging. Pada tanggal 3 September 2017 kemarin, Beautiesquad mengadakan suatu forum melalui WhatsApp yang disebut Ngopi Cantik. Bener dong ya, secara kita yang ikutan semua ciwi-ciwi cantik yang suka ngeblog atau ngvlog konten biuti-biuti gitu. Sebenernya aku ikut Ngopi Cantik ini dari sesion pertama. Cuma kok ya aku ngga tulis di blog sih? So, untuk yang sesion kedua ini aku pengen sharing juga ke kalian, SEO itu apa sih?

Kenalin dong, pembicara pada forum kali ini adalah Mbak Shintaries dari Blogger Perempuan Network. Beliau juga adalah foundernya lho. Selain itu beliau juga merupakan professional blogger dari www.shintaries.com, mentor blogging dan social media, serta blogging speaker. Wahh,, keren banget nih Mbak Shinta. Jadi semangat buat nulis. Boleh kok main-main ke blognya. 

Mulai yuk ke topik utama kita,, apa sih SEO itu?? Jadi, SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. Biasanya nih kalau kalian ingin mencari review atau artikel tentang suatu produk, saat kalian ketik search ada konten paling atas muncul di Google. Untuk penjelasan mengenai SEO ini akan dibagi menjadi dua, yaitu Teori yang merupakan pemahaman dan Teknis yang merupakan pengaplikasian pada Blog.

TEORI
1. Otoritas Blog
Agar blog kita terindeks oleh Google, kita perlu nih mengisi data di https://aboutme.google.com. Mengapa perlu isi data? Karena Google tidak mau menerima akun anonim. Dia akan lebih memprioritaskan kepemilikan akun dengan identitas yang jelas. Otoritas blog juga sering diartikan dengan Domain Authority (DA). Semakin besar nilainya semakin besar juga selalu terindeks di Google.

2. Konten
Konten blog yang dapat diterima Google adalah tidak mengcopas dari milik orang lain, tulisan yang organik atau hidup, natural, dan buatan sendiri. Dan juga rutin update setiap hari. Konten dapat berupa tulisan dan video yang bagus. Jadi kalau tulisan yang berisi video lebih mudah mendapat tempat di rating Google lho.

3. Template yang Fast Loading
Template yang minimalis akan memudahkan Google memuat halaman website kita. Kemungkinan besar akan muncul pada halaman pertama pencarian Google. Meminimalisasi script, ornamen, musik, image berukuran besar bisa jadi solusinya. Usahakan untuk image lebarnya 600 pixel dan beratnya 300 kb.

4. Mobile Site
Sebanyak 90% akses website, blog dan aplikasi sepenuhnya dapat melalui ponsel. Jadi bila tidak bisa di akses melalui mobile, wassalam deh seperti katanya Mbak Shintaries.

5. Backlink
Yang paling dicari dan menentukan prestasi serta posisi adalah Backlink. Blog dengan posisi bagus di search engine, DA nya akan tinggi, berpengaruh juga dari backlink. Jadi intinya SEO adalah backlink.

Teknis
Karena SEO ini ngga se instan yang kita harapkan, jadi sabar dan tetap menulis konten yang bermanfaat ya. Istilahnya nabung konten. Sebelum di publish, cek and ricek dulu konten kita.
Secara teknis hal yang harus diperhatikan dalam optimasi mesin pencari adalah :

1. Menaruh kata kunci di judul
Menaruh nama brand pada judul, misalnya Seharian Memakai "Nama Brand" Ternyata Tetap Oke Banget.

2. Ubah Permalink
Secara default, kalau memakai judul di atas, maka link yang muncul adalah www.namadomain.com/seharian-memakai-nama-brand-maskara-ternyata-tetap-oke-banget
Tapi, kalau SEO ini harus diubah dulu menjadi www.namadomain.com/nama-brand-maskara yaaa
Setting permalink ini ada di kanan bawah saat menulis konten blog. 

3. Jumlah Kata
Secara riset Google akan menyukai konten dengan jumlah kata sekitar 800-1000. Namun untuk konten biuti 800 kata sudah cukup.

4. Image
Nah, untuk image juga penting. Sebaiknya kita resize dulu dan rename nama image agar gampang di upload. Misalnya 

nama-brand-maskara1.jpg
nama-brand-maskara2.jpg
nama-brand-maskara3.jpg

5. Internal dan Eksternal Link
Kalian bisa tambahkan link ke tulisan lain dalam blog dan link ke blog atau website lain sebagai referensi. Read more dan related post dianggap internal link. Tetapi jangan gunakan blogroll di sidebar karena dianggap tidak baik.

6. Meta Deskripsi
Penting untuk diaktifkan pada wordpress dan blogspot, yaitu search > search description. Karena merupakan ringkasan konten kita yang akan muncul saat pencarian.



Yang banyak dicari orang /brand /ecommerce adalah backlink alias offfsitenya. Karena kalau onsite optimasinya hanya sebatas konten, internal link, eksternal link, template dan image. Sisanya yang menentukan adalah berapa banyak backlink yang didapat. 

Nah, gimana penjelasannya? Selain itu Mbak Shintaries juga memberi tips nih. Jadi, untuk menaikkan Domain Authority bisa dengan cara membuat Dummy Blog, yaitu beberapa blog milik kita yang dihubungkan (Backlink) ke blog professional kita atau teman-teman blogger. Yups, kita bisa bikin beberapa blog kok.


Selain itu blogwalking menjadi cara yang termudah. Jika tidak ingin blogwalking, update setiap hari lebih bagus. 

Baiklah sekian dulu untuk belajar SEO for blogging kali ini ya. Terima kasih juga untuk Beautiesquad yang udah memberi kesempatan buat aku untuk ikut Ngopi Cantik. Ditunggu lho Ngopi Cantik selanjutnya. Kalau kalian ingin tahu Instagram Beautiesquad, klik. Dan spesial thanks to Mbak Shintaries karena udah mau membagi ilmu yang sangat penting banget. Cek Instagramnya juga di @shintaries .

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

INSTAGRAM