In Cuci Tangan Health Care

Cuci Tangan?? Emang Ribet Banget Ya Ladies??

Bener ga sih masih banyak aja yang ga ngerti atau pura-pura ga tau tentang pentingnya cuci tangan? Atau menurut kalian cuci tangan itu ribet? Suatu ritual yang ngabisin banyak waktu dan tenaga? Atau juga nih ga ada sabun dan air malah jadi malas? Waduh!!!!

Sumber Google

Guyss,, jangan sampai deh ya semua itu terjadi sama kalian. Nah, pada postinganku kali ini aku mau bahas tentang segalanya yang menyangkut dengan cuci tangan. Jujur agak sedih juga ya kita lihat banyak sekali orang-orang yang mengabaikan hal sepele ini. Padahal gaungnya udah dari jaman nenek kakek kita. Bahkan pemerintah ikut campur kok menggaungi penerapan cuci tangan. Mereka sadar ga sih hanya dengan cuci tangan saja udah menyelamatkan organ-organ penting dalam tubuh. Selain itu manfaatnya juga untuk kulit dan kecantikan lho.

Sumber Wikipedia

Menurut kalian ladies,, seberapa pentingnya sih cuci tangan itu?? Kalau aku sih penting banget ya. Risih juga kalau kita mau makan tapi mengingat seharian udah pegang banyak benda. Berapa kuman yang nempel di tangan coba?? Sebagai beauty blogger yang peduli kulit yuk jangan takut kulit terkikis akibat kebanyakan cuci tangan.

Apa sih bahayanya jika ngga cuci tangan ?? Sekalian manfaatnya nih.
Untuk sehari-hari nih ya, kita bisa mengurangi resiko penularan bakteri penyakit, seperti diare. Kalau tangan kotor saat mengambil makanan bakteri ikut masuk ke dalam perut. Contoh lain buat kamu yang suka pakai softlens. Harus banget cuci tangan sebelum mengambil softlens dari wadahnya supaya mata ngga iritasi. Tangan itu dipakai apa saja. Bersalaman, membasuh wajah, makan, mengetik dan banyak lagi. Sebelum bergandengan tangan dengan pacarmu, kalian juga harus cuci tangan lho. Nah, hubungannya dengan menggunakan makeup?? Cuci tangan sebelum pakai makeup mengurangi resiko iritasi kulit karena bakteri. Kan kita pakai cream tuh jadi kalau bakterinya nempel gaasik kan.. Setelah makeup juga perlu cuci tangan lho. Butiran-butiran bedak, eyeshadow kan masih nempel di tangan. Bahaya juga lama-lama kalau sampai masuk ke mulut.
Cuci tangan itu secara ngga langsung bikin kulit halus dan mencerahkan kulit lho.

Kapan sih kita harus cuci tangan?? (Dari rumah sampai ke luar rumah)
Yang pertama, kamu suka masak? Nah,, penting banget sebelum dan sesudah masak atau sekadar bikin roti panggang kamu harus cuci tangan. Kenapa?? Tangan kan kontak langsung dengan bahan-bahan makanan jadi kenapa takut bersih?!
Yang kedua, sebelum dan sesudah makan. Nah, ini penting banget. Biarpun kita makan pakai sendok juga harus bersih juga dong tangan kita.
Yang ketiga, setelah bersentuhan dengan hewan. Pasti kan kalian punya kucing atau anjing? Nah kita kan ngga tau tuh dia bobo dimana, main kemana jadi ga ada salahnya kita jaga kebersihan tangan setelah pegang hewan.
Yang keempat, setelah BAB dan BAK. Dimanapun kamu ke toilet mesti setelahnya cuci tangan. Karena toilet itu sarang kuman yang paling banyak. Apalagi pakainya kan ngga sendiri.
Yang kelima, setelah pegang-pegang benda di luar rumah dan fasilitas umum. Misalnya kamu sekolah atau kampus kan pegang meja, kursi, tiang bendera, termasuk baju pacar kamu. Atau kamu ke mall dan pegang-pegang eskalator, tombol lift? Naik angkot pegang abang sopir? Ehhh.. Abis itu ya langsung aja cuci tangan.
Yang kelima, kapan aja terserah kalian. Saat kalian ngerasa tangan kotor, keset, kering, ga bergairah, pokoknya ngga banget gitu segera deh cuci tangan. Dijamin seger lagi.

Persiapan cuci tangan apa aja sih??
Untuk di rumah,, pastinya semua peralatan udah tersedia ya. Mama kamu udah siapin semua. Kamu tinggal pakai. Kamu hanya perlu menyiapkan sabun cuci tangan. Boleh yang antiseptik lebih bagus. Contohnya Detol dan Lifebuoy. Sediakan saja di wastafel rumah  atau di kamar mandi. Gampang kan? Yang penting dekat dengan air mengalir. Lalu, kamu siapkan tissue untuk mengelap tangan setelah dicuci. Aku sih ngga saranin pakai lap yang digantung gitu. Mana tau ada kuman kan?


Sumber Google

Untuk di luar rumah, kalian mungkin bisa mencari toilet yang sudah disediakan dan berisi sabun cuci tangan. Jika tidak ada sabunnya bisa kok disiapkan dulu dari rumah. Caranya pindahkan aja sabun cuci tangan ke dalam botol kecil. Lalu bisa dipakai dimana aja. Atau lebih praktisnya kamu bisa pakai hand sanitizer. Udah banyak dijual di pasaran. Ada yang berbentuk spray dan gel.

Sumber Google

Gimana cara cuci tangan yang benar ya??
Dikutip dari WHO ada dua cara cuci tangan yang benar, yaitu dengan menggunakan hanrub atau hand sanitizer dan menggunakan sabun dengan air mengalir.
Sebenarnya cara cuci tangannya sama. Hanya kalau dengan sabun perlu membasuh tangan dengan air. Sedangkan dengan handrub tidak perlu air.
www.who.int

Dengan handrub :
Gb 1. Tuang atau semprotkan handrub di tangan secukupnya.
Gb 2. Usapkan dan gosok dengan kedua telapak tangan dengan arah memutar.
Gb 3. Lanjutkan dengan menggosok punggung tangan secara bergantian sambil menggosok sela-sela jari bagian atas.
Gb 4. Gosok sela-sela jari tangan dengan posisi jari menyilang seperti gambar.
Gb 5. Bersihkan ujung-ujung jari dengan posisi jari saling mengunci. Gosok bergantian.
Gb 6. Bersihkan ibu jari dengan  cara menggenggam dan memutar.
Gb 7. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan ujung jari berada di telapak tangan. Lakukan dengan memutar.
Gb 8. Selesai. Tangan sudah bersih dan cairan kering.

Dengan sabun dan air mengalir :
Gb 0. Basahkan tangan dengan air mengalir.
Gb 1. Ambil sabun secukupnya tuang pada telapak tangan.
Gb 2. Usapkan dan gosok dengan kedua telapak tangan dengan arah memutar.
Gb 3. Lanjutkan dengan menggosok punggung tangan secara bergantian sambil menggosok sela-sela jari bagian atas.
Gb 4. Gosok sela-sela jari tangan dengan posisi jari menyilang seperti gambar.
Gb 5. Bersihkan ujung-ujung jari dengan posisi jari saling mengunci. Gosok bergantian.
Gb 6. Bersihkan ibu jari dengan  cara menggenggam dan memutar.
Gb 7. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan ujung jari berada di telapak tangan. Lakukan dengan memutar.
Gb 8. Bersihkan tangan dengan air mengalir.
Gb 9. Keringkan tangan dengan tissue.
Gb 10. Bersihkan keran air sisa sabun dengan tissue tadi.
Gb 11. Selesai. Tanganmu sudah bersih.

Jika kamu melihat proses tanpa melakukannya memang terasa lama. Tapi setelah dilakukan pasti gampang banget kok.

Related Articles

2 comments:

  1. Aku....pemalas dalam hal cuci tangan *emot nangis meguyang* Makasi Kak Widia telah mengingatkan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf aku hanya tidak sengaja mengingatkan. Wkwk

      Delete

INSTAGRAM